ANALISIS ISU INSTANSI

 

ANGKATAN            : XIV

KELOMPOK            : III

NDH                           : 29

NAMA                       : RIZAL ANGGARA MUKTI, S.Pd.

 

ANALISIS ISU INSTANSI

Turunnya Minat dan Keaktifan Belajar Siswa SMA Negeri 5 Tanah Siang Selama Pandemi COVID – 19

A.    Identifikasi dan Deskripsi Isu

Sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia, pendidikan harus memindahkan proses belajar mengajar dari sekolah ke rumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Sudah hampir satu setengah tahun pembelajaran dilakukan secara jarak jauh (PJJ). Perubahan pola belajar yang tadinya terpusat di ruang kelas dan terpantau oleh guru menjadi sulit dilakukan karena aktifitas belajar siswa dilakukan secara mandiri didampingi oleh orang tua. Guru pemantau aktifitas belajar siswa dirumah secara terbatas, akibatnya siswa mengalami penurunan minat dan keaktifan dalam belajar. Hal ini dibuktikan dengan nilai ujian siswa dan nilai tugas yang menururun dari tahun sebelumnya.


Gambar 1.1

Gambar 1.2


Dari gambar 1.1 dan 1.2 diatas terlihat adanya penurunan nilai dari siswa, pada saat kelas X-IPS nilai dan tingkat pengumpulan tugas lebih tinggi dibandingan saat di kelas XI-IPS. Dari bukti diatas dapat disimpulkan pembelajaran jarak jauh saat pandemi COVID-19 memberikan penurunan minat dan keaktifan belajar siswa SMAN 5 Tanah Siang.

B.     Teknik Tepisan Isu

Pada tugas analisis isu instansi kali ini saya menggunakan pendekatan teknik USG (Urgency, Seriousness, Growth) dari mulai sangat USG hingga tidak sangat USG. Berikut adalah tabel metrik penilaian kualitas isu teknik USG.

Isu

Urgency

Seriousness

Growth

Kesimpulan

Kurangnya Guru

-

Tidak USG

Pengarsipan tata usaha

-

-

Tidak Sangat USG

Penurunan minat dan keaktifan

Sangat USG

Kurangnya sarpras Sekolah

-

Tidak USG

Tabel 1.1

Berdasarkan Tabel 1.1 diatas, dapat ditentukan bahwa isu yang dapat di bahas oleh penyusun adalah isu tentang “Turunnya Minat dan Keaktifan Belajar Siswa  SMA Negeri 5 Tanah Siang Selama Pandemi COVID – 19”

C.    Teknik Analisis Isu

Teknik analisis isu yang digunakan dalam tugas ini adalah Mind Mapping. Mind mapping atau peta pikiran adalah teknik pemanfaatan keseluruhan otak dengan menggunakan citra visual dan grafis lainnya untuk membentuk kesan antara otak kiri dan kanan yang ikut terlibat sehingga mempermudah memasukkan informasi ke dalam otak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Dari gambar 3.1 diatas, penyebab utama dari menurunya minat dan keaktifan belajar siswa didorong oleh berberapa faktor, antara lain :

1.    Sistem Pembelajaran Jarak Jauh

Pembelajaran jarak jauh umumnya mengandalakan pertemuan maya. Akan tetapi Daerah pedalaman masih belum tersedia jaringan listrik dan internet mengakibatkan proses pembelajaran berlangsung singkat disekolah hanya pemberian dan pengumpulan tugas untuk beberapa hari. Waktu pembelajaran menjadi berkurang, sehingga guru tidak dapat memenuhi beban jam mengajarnya dan kurang maksimalnya materi yang diberikan. PJJ menuntut siswa secara mandiri aktif mencari sumber informasi berkenaan dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan. Sehingga apabila ada siswa yang kurang aktif akan tertinggal oleh siswa lain.

2.    Ketidakpastian Pandemi Covid-19

Pandemi yang tidak kunjung usai berdampak pada kebinggungan guru dalam menerapkan sistem dan rencana pembelajar yang harus dipakai untuk mengakomodasi perubahan kondisi pandemi yang dinamis. Selain itu kurikulum juga harus disederhanakan agar standar kompetensi siswa dapat tercapai dengan kondisi jam pelajaran yang terbatas.

3.    Keterbatasan Sarana Belajar Siswa 

Pada pembelajaran jarak jauh siswa terkendala oleh jaringan listrik dan layanan internet untuk akses pembelajaran secara daring karena daerah pedalaman tidak memiliki akses tersebut. Namun permasalahan itu secara cepat di tanggapi oleh pemerintah dengan pelonggaran di dearah pedalaman PJJ berbentuk tatap muka terbatas untuk pemberian dan pengumpulan tugas secara berkala. Tetapi  masalahan muncul pada siswa yang tidak memiliki buku siswa. Akibatnya siswa tersebut tidak dapat mempelajari pembelajaran yang telah disampaikan.

4.    Kurangnya Kontrol Orang tua 

Peran orang tua sangat penting untuk mengawasi pola belajar siswa di rumah. Kesibukan orang tua dalam bekerja dan kurangnya perhatian orang tua ikut berdampak pada menurunnya minat dan keaktifan belajar siswa. Karena pada dasarnya mendidik bukan hanya peran guru saja.

 

 

D.    Dampak Yang Terjadi Jika Tidak Segera Diselesaikan

Isu permasalahan yang terjadi pada turunnya minat dan keaktifan belajar siswa  SMA Negeri 5 Tanah Siang perlu dengan segera diselesaikan agar tidak terjadi dampak sebagai berikut :

·      Prestasi dan nilai siswa akan menurun

·      Kualitas lulusan yang rendah dan tidak siap bersaing di dunia kerja

·      Ketidakmampuan siswa dalam menguasai materi pembelajaran

·      Peningkatan kenakalan remaja di sekitar lingkungan siswa

·      Tingkat pernikahan dini meningkat yang menjadi faktor pendorong putus sekolah

 

E.     Gagasan untuk Penyelesaian Isu

Gagasan yang diusulkan untuk menyelesaikan permasalahan pada turunnya minat dan keaktifan belajar siswa SMA Negeri 5 Tanah Siang, yaitu :

1.         Membangun dialog dengan orang tua siswa untuk memberikan laporan tentang kegiatan belajar secara berkala.

2.         Menyajikan media pembelajatan yang variatif dan interaktif untuk menarik minat siswa dalam belajar.

3.         Keterbatasan jaringan listrik dan internet, sekolah memberikan buku siswa agar dapat mengakses materi.

4.         Evaluasi bersama guru lain terkait dengan model pembelajaran yang efektif dilakukan untuk dapat meningkatkan minat dan keaktifan siswa.

5.          Pemberian reward pada tingkat kedisiplinan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

6.         Edukasi tentang pencegahan pernikahan dini bersama lembaga lintas sektor


Unduh Lengkap Versi Word

DOWNLOAD ANALISIS ISU INSTANSI

Comments

Popular posts from this blog

Pendekatan Geografi dalam kehidupan sehari hari

Geomorfologi Papua