KI dan KD Geografi SMA 2013
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI
DASAR
GEOGRAFI
SEKOLAH MENENGAH ATAS
(SMA)/MADRASAH ALIYAH (MA)
KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati keadaan
alam semesta beserta isinya sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa
1.2 Mensyukuri
penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih
1.3 Mensyukuri
keberadaan diri sebagai warga negara Indonesia dengan pola pikir dan tindak
dengan menunjukkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
|
|
2. Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1 Mengembangkan
perilaku proaktif dalam mempelajari peran geografi dalam kehidupan
2.2 Menunjukkan
perilaku yang bertanggung jawab sebagai makhluk bagian dari alam semesta
2.3 Mengembangkan
perilaku responsif terhadap masalah yang ditimbulkan oleh dinamika litosfer, atmosfer dan hidrosfer
|
|
3. Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
3.1 Memahami
pengetahuan dasar geografi dengan contoh kehidupan sehari-hari
3.2 Memahami dinamika
tata surya serta pengaruhnya terhadap kehidupan
3.3 Memahami dinamika
planet bumi sebagai ruang kehidupan
3.4 Menganalisis
dinamika litosfer dan pengaruhnya
terhadap kehidupan
3.5 Menganalisis
dinamika atmosfer dan pengaruhnya
terhadap kehidupan
3.6 Menganalisis
dinamika hidrosfer dan pengaruhnya
terhadap kehidupan
3.7 Mengevaluasi
tindakan yang tepat dalam mitigasi bencana alam
|
|
4. Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1 Menyusun karya
tulis berdasarkan hasil observasi gejala litosfer, atmosfer, atau hidrosfer
di lingkungan sekitar dengan pendekatan geografi
4.2 Menyajikan karya
tulis gejala litosfer, atmosfer, dan hidrosfer dengan menggunakan teknologi
informasi dan komunikasi
|
KELAS XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati
keragaman sumber daya alam sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa
1.2 Mensyukuri
keragaman sumber daya alam di Indonesia sebagai karunia Tuhan Yang maha
Pengasih
|
||
2. Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1 Menunjukkan
perilaku peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup di Indonesia dan dunia
2.2 Menunjukkan sikap
responsif dalam mencegah dan mengatasi permasalahan lingkungan hidup
2.3 Menunjukkan sikap tanggung
jawab dalam menjaga kelestarian lingkungan sekitar
|
||
3. Memahami,
menerapkan, dan menjelaskan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalamilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1 Menganalisis
sebaran flora dan fauna di Indonesia
dan dunia
3.2 Menganalisis
sebaran barang tambang di Indonesia.
3.3 Menganalisis
dinamika dan masalah kependudukan serta sumber daya manusia di Indonesia
3.4 Menganalisis
kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan pertanian,
pertambangan, industri, dan jasa
3.5 Mengevaluasi
tindakan yang tepat dalam pelestarian lingkungan hidup kaitannya dengan pembangunan
yang berkelanjutan
|
||
4. Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif
dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1 Menyusun laporan
observasi tentang masalah kependudukan dan lingkungan sekitar dengan
memperhatikan prinsip-prinsip geografi
4.2 Mengkomunikasikan
masalah kependudukan dan lingkungan secara verbal dan menggunakan teknologi
informasi dan komunikasi
|
||
KELAS XII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati
perbedaan potensi wilayah sebagai karunia Tuhan Yang Maha Kuasa
1.2 Mensyukuri karunia
Tuhan Yang Maha Pengasih atas adanya kerjasama antar wilayah dalam memenuhi
kebutuhan manusia
|
||
2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif),
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
bangsa, serta memosisikan diri sebagai agen transformasi masyarakat dalam
membangun peradaban bangsa dan dunia
|
2.1 Menunjukkan sikap
proaktif dalam pemanfaatan citra penginderaan jauh untuk menganalisis gejala
geosfer
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur dan bertanggung jawab dalam menyampaikan informasi geografis
melalui peta tematik dan Sistem Informasi Geografis (SIG)
2.3 Menunjukkan
perilaku peduli terhadap dampak kerjasama antara wilayah desa dan kota
2.4 Menunjukkan
perilaku cinta damai dalam membangun kerjasama antar pusat-pusat pertumbuhan
di dunia
|
||
3. Memahami,
menerapkan, dan menjelaskan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalamilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untukmemecahkan masalah
|
3.1 Menganalisis citra
penginderaan jauh untuk perencanaan tata guna lahan dan transportasi antar
pulau
3.2 Memahami dasar-dasar
pemetaan dan Sistem Informasi Geografis (SIG)
3.3 Menganalisis pola persebaran dan interaksi spasial
antara desa dan kota
3.4 Menganalisis
kondisi geografis Indonesia untuk ketahanan pangan nasional, penyediaan bahan
industri, dan energi alternatif
3.5 Menganalisis
konsep wilayah dan pewilayahan dalam perencanaan pembangunan wilayah di
Indonesia
3.6 Menganalisis
kondisi geografis negara maju dan negara berkembang untuk terjalinnya
hubungan yang saling menguntungkan
|
||
4. Mengolah, menalar,
menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1 Menginterpretasi
peta dan citra penginderaan jauh sesuai konsep, prinsip, dan pendekatan geografi
4.2 Membuat dan menyajikan
peta tematik dan SIG
4.3 Mengkomunikasikan
laporan hasil analisis kondisi geografis Indonesia dalam konteks wawasan
nusantara
4.4 Membuat rancangan
kerjasama saling menguntungkan antara negara maju dan negara berkembang
|
||
Comments
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.