Perpaduan Model Pembelajaran Number Head Together dan Discovery Learning

A. Perpaduan Model Pembelajaran Number Head Together dan Discovery Learning
            Perpaduan model pemebelajaran model NHT dengan Discovery Learning merupakan kombinasi dari kedua model. Model pembelajaran NHT yang menuntut kesiapan dan pemahaman siswa akan materi yang telah ditentukan kepadanya. Sehingga akan terciptanya aktifitas kelompok serta ketergantungan positif antar siswa. Materi yang diberikan dalam bentuk persoalan yang harus dijawab pada langkah akhir kegiatan. Sedangkan Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang memfokuskan siswa untuk menemukan atau menjawab persoalan berdasrkan data yang ada dilapangan untuk ditemukan kesimpulan dan solusi atas masalah yang sesuai dengan lapangan. Perpaduan yang terjadi adalah siswa yang telah diberikan persoalan akan menganalisis menggunakan langkah Discovery Learning untuk mencari dan mengolah data. Sehingga kesimpulan dapat mempunyai landasan. Perpaduan ini akan membuat siswa lebih memahami materi dan memiliki makna dalam pembelajaran. Sehingga akan meningkatkan motivasi belajar siswa

B. Langkah Perpaduan Model Pembelajaran Number Head Together dan Discovery Learning
Berdasarkan langkah yang terdapat dalam kedua model pembelajaran yaitu NHT dan Discovery Learning. Peneliti melakukan perpaduan kedua model untuk dilalakukan saat penelitian. Dalam penelitian ini langkah perpaduan model pembelajaran NHT dengan Discovery Learning adalah sebagai berikut:
11)      Membentuk kelompok masing-masing beranggotakan 3-4 siswa.
22)      Penomoran, pada tahap ini siswa dalam kelompok diberikan nomor yang berbeda.
33)      Pemberian masalah, siswa diberikan masalah yang berbeda dalam kelompok
44)      Berfikir bersama, siswa bersama-sama memikirkan jawaban
55)      Pencarian data, siswa melakukan pencarian data sebagai pendukung jawaban atas masalah
66)      Pengolahan data, siswa mengolah hasil perolehan data untuk dianalisis yang selanjutnya akan ditarik kesimpulan
77)      Pembuktian, pembuktian hasil data dengan keadaan lapangan sebagai bahan untuk menarik kesimpulan

88)      Penyimpulan, siswa menarik kesimpulan dari data yang didapatkan untuk dikomunikasikan ke forum kelas.

Comments

Popular posts from this blog

Pendekatan Geografi dalam kehidupan sehari hari

KI dan KD Geografi SMA 2013